Kegiatan Peningkatan "Kapasitas dan Kualitas" Personil BPBD Sukses

05 Oktober 2018
03:21:40 WIB

Untuk meminimalisir kemungkinan terburuk dari sebuah bencana, tentu perlu penyelmatan lebih awal, dan biasanya kejadian bencana itu yang pertama mengetahui adalah masyarakat setempat, baru diinformasikan kepada petugas.

Untuk itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tanjungpinang membentuk Relawa dari masyarakat, yang direkrut dari berbagai Kelurahan unutk bekerjasama dan bersinergi dengan petugas. Oleh sebab itu, BPBD melakukan Kegiatan Peningkatan Kapasitas dan Kualitas Personil BPBD yang diselenggarakan di Hotel Plaza Km. 3 Tanjungpinang, Rabu (18/07/201).

Pj. Walikota Tanjungpinang, Raja Ariza yang diwakili Asisten Pemerintahan Samsudi, S.Sos dalam sambutan pembukaan kegiatan itu mengatakan Relawan harus mengikuti pembekalan ilmu dengan sebaik-baiknya, karena ilmu yang bermanfaat bisa dirasakan masyarakat, maka itu menjadi amal bagi kita. Jangan kita menyia-nyiakan ilmu yang diberikan, karena orang yang baik adalah orang yang senantiasa menuntut ilmu dan mengamalkan dengan sebaik-baiknya.

Karena, sambung Samsudi, ilmu ini akan dipertanggungjawabkan nantinya, jadi jangan disia-siakan. Untuk itu ini adalah kegaiatn amal yang bermanfaat unutk menolong sesama kita, karena bencana bisa saja ada didepan kita. Unutk itu, kita perlu waspada.

"Saya atas nama Pemerintah sangat menyambut baik kegiatan ini dan mengucapkan terimaksih bila kita bersinergi dan bekerjasama dan itu sangat penting" ucap Samsudi.

Sementara Kepala Pelaksana BPBD Kota Tanjungpinan, Djafnurinsyah SE, mengatakan dibentuknya Relawan dari masyarakat, karena mereka juga ujung tombak apabila terjadi bencana yang tidak kita sangka-sangka.

"Jadi pembelajaran yang kita berikan kepada mereka  dengan maksud jika ada terjadi bencana, mereka sudah dapat mengatasi lebih awal dan melakukan tugasnya sebagaimana mestinya dengan baik, sebelum tim petugas BPBD datang" ungkap Djafnurinsyah.

Inilah gunanya BPBD melakukan Kegiatan Pelatihan kepada mereka, agar tujuan relawan ini dapat tercapai dan bisa meminimalisasi kemungkinan terburuk apabila terjadi suatu bencana.

"Saya sangat berharap peserta Pelatihan dapat menerima dengan baik pelajaran-pelajaran yang diberikan oleh Narasumber. Mudah-mudahan PEndidikan dan Pelatihan ini bisa berkelanjutan" harap Kadis.

Pantauan media ini, setelah pembukaan yang dilakukan oelh Samsudi, S.Sos, dilanjutkan dengan pelatihan teknis dengan Narasumber dari SAR Tanjungpinang yaiyu T. Riza Iskandar yang memaparkan salah satu materi pembelajaran, yaitu tentang Medical First Responder (MFR) yang maksudnya mersepon dengan cepat dan melakukan pertolongan pertama pada korban, sebelum petugas datang ke lokasi.

Kewajiban MFR yaitu menjaga keselamatan diri, mejaga korban, mengenali dan menhatasi masalah yang mengancam nyawa, meminta bantuan, dan memberikan bantuan sesuai dengankeadaan korban" jelas Riza.

Acara itu dihadiri Pejabat dan Staf BPBD, dan sekitar 80 Relawan peserta pelatihan dan personil BPBD.

Share



2622 Komentar

    print kaos Bali 05 Oktober 2018

    print kaos Bali

    jasa desain rumah yogyakarta 05 Oktober 2018

    jasa desain rumah yogyakarta jasa desain rumah yogyakarta

    tempat cetak kalender duduk 05 Oktober 2018

    Situs Anda selalu memberikan berita yang update, menarik dan bermanfaat tempat cetak kalender duduk

    pembuatan kaos distro 05 Oktober 2018

    pembuatan kaos distro pembuatan kaos distro

    harga tas bingkisan 05 Oktober 2018

    harga tas bingkisan

    harga tas bingkisan 05 Oktober 2018

    harga tas bingkisan

    harga tas bingkisan 05 Oktober 2018

    harga tas bingkisan

    jasa arsitek solo 05 Oktober 2018

    jasa arsitek solo jasa arsitek solo

    kaos polos lengan panjang Surabaya 05 Oktober 2018

    kaos polos lengan panjang Surabaya

    harga bangunan per meter 2019 05 Oktober 2018

    harga bangunan per meter 2019 harga bangunan per meter 2019

    Awal 123... 263

Form Komentar

Google Search

Tag Cloud

Agenda

'TRC-PB BPBD Kota Tanjungpinang melakukan pelatihan pemasangan tenda untuk ...'

'Sekretaris BPBD Kota Tanjungpinang mengikuti kegiatan evaluasi jabatan ( ...'

Berita Terpopuler

Untuk meminimalisir kemungkinan terburuk dari sebuah bencana, tentu
Kehobohan terjadi saat warga di JL. M.T. Hayono RT.01/RW.03

Cuaca

Facebook Fanpage