TINGKATKAN OPTIMALISASI TUGAS TRC BPBD KOTA TANJUNGPINANG

21 April 2017
07:29:32 WIB

BPBD, TANJUNGPINANG - 

Kegiatan Opotimalisasi Tugas TRC Merupakan Upaya Meningkatkan Profesionalisme TRC Dalam Melaksanakan Tugas Kebencanaan.

Gelar Pelatihan Simulasi Penanganan Bencana Satgas/TRC BPBD Tanjungpinang dan BASARNAS Kepri yang dilaksanakan pada hari Rabu-Jumat-sabtu diselenggarakan di kantor SAR Tanjungpinang dan diperairan Trikora tepatnya di kecamatan Busung.

Dalam kegiatan hari pertama tepatnya hari jumat 2017, beberapa materi pelatihan disampaikan oleh SAR Kepri, mengenai konsep perkiraan cuaca, cara penggunaan berbicara dengan HT (Handtalky), cara penyelamatan dalam air dan dihutan serta cara memberikan bantuan berdasarkan kerusakan rumah warga dan cara mengevakuasi korban diperairan atau dilaut/pantai.

Selanjutnya dalam kegiatan dihari kedua hari sabtu 2017, pelatihan simulasi penanganan bencana dipimpin oleh BASARNAS Saudara Hamid yang mana memberikan dan mempraktekkan cara evakuasi korban dari sebuah perairan lalu diangkat ke perahu untuk dibawa kedaratan. Berbagai teknik evakuasi yang digunakan antara lain dengan menggunakan perahu BPBD dan Basarnas untuk menolong korban yang tenggelam diperairan dan membutuhkan pertolongan medis.

Pelatihan simulasi penanganan bencana ini diselenggarakan untuk menciptakan relawan penanggulangan bencana yang professional, siap, siaga dan waspada. Juga untuk meningkatkan keterampilan, kreativitas dan profesionalisme dalam upaya memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat khususnya Kota Tanjungpinang, yang mana dalam hal ini TRC BPBD hanya berjumlah 10 orang dan dibantu oleh pegawai BPBD, maka perlunya juga ada tambahan dari segi peralatan pendukung keselamatan maupun kendaraan oprasional "kata Kalak BPBD tanjungpinang DJafnurinsyah.

Yang mana latihan bersama BASARNAS Kepri dan BPBD Kota Tanjungpinang inilah kali pertamanya di saat Kalak BPBD yang Baru dipimpinnya.

Share



191 Komentar

    12 Desember 2017

    pokpokkoko

    12 Desember 2017

    pokpokkoko

    12 Desember 2017

    pokpokkoko

    12 Desember 2017

    pokpokkoko

    12 Desember 2017

    pokpokkoko

    12 Desember 2017

    pokpokkoko

    12 Desember 2017

    pokpokkoko

    12 Desember 2017

    pokpokkoko

    13 Desember 2017

    pokpokkoko

    13 Desember 2017

    pokpokkoko

    Awal 123... 20

Form Komentar

Google Search

Tag Cloud

Agenda

'Sekretaris BPBD Kota Tanjungpinang mengikuti kegiatan evaluasi jabatan ( ...'

'TRC-PB BPBD Kota Tanjungpinang melakukan pelatihan pemasangan tenda untuk ...'

Berita Terpopuler

BPBD, TANJUNGPINANG - Kegiatan Opotimalisasi
Kehobohan terjadi saat warga di JL. M.T. Hayono RT.01/RW.03

Cuaca

Facebook Fanpage